Tulisan Pribadi

Kamis, 08 Mar 2012

Tahun Ini BI Anggarkan Rp2,13 Triliun untuk Gaji

Komisi XI secara prinsip menyetujui anggaran BI dengan beberapa catatan.

JAKARTA - Komisi XI DPR RI hari ini menyetujui Anggaran Pengeluaran Operasional Bank Indonesia untuk tahun 2012 sebesar Rp5,231 triliun dan menargetkan anggaran penerimaan operasional BI sebesar Rp27,367 triliun. Dari anggaran sebesar itu, disetujui pula penyisihan untuk pengeluaran gaji dan penghasilan lainnya sebesar Rp2,135 triliun, pengembangan dan pemeliharaan SDM sebesar Rp1,536 triliun.

“Komisi XI secara prinsip menyetujui anggaran BI dengan beberapa catatan. Termasuk dalam melakukan penilaian atas Indikator Kinerja Utama (IKU) deputi gubernur BI, Komisi XI akan mencari cara sendiri,” kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achsanul Qosasi, hari ini (5/3) di gedung DPR RI, Jakarta.

Selain penyisihan untuk gaji dan pengembangan SDM, disetujui pula pengeluaran untuk logistik sebesar Rp537 miliar, penyelenggaraan operasional kegiatan pendukung sebesar Rp347 miliar, pajak sebesar Rp428 miliar dan biaya tak terduga sebesar Rp249 miliar.

Komisi XI memberi catatan bahwa anggaran penerimaan yang disetujui ini merupakan referensi minimal sementara anggaran pengeluaran sebagai referensi maksimal.

Dengan postur anggaran yang demikian, Komisi XI DPR RI dan BI juga menyepakati kenaikan gaji angoota dewan gubernur BI dan seluruh pegawai BI sebagai berikut:
a.      1. Kenaikan karena inflasi sebesar 3% untuk anggota Dewan Gubernur BI dan seluruh pegawai.
b.      2. Kenaikan karena kinerja dengan persentase maksimal 3 persen untuk anggota Dewan Gubernur, maksimal 5 persen untuk pegawai staf sampai dengan direktur dan maksimal 7 persen untuk pegawai dasar dan PTU.

Menurut Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Azis, untuk menilai kinerja Deputi Gubernur BI, untuk tahun ini Komisi XI menyerahkannya sepenuhnya kepada Gubernur BI. Sedangkan untuk menilai Gubernur BI, diusulkan agar dilakukan secara kolektif oleh anggota gubernur BI.

(Ben / Deb)

Jaringnews.com

   KATEGORI OPINI
   ARSIP
Tahun :
Bulan :
   ARTIKEL LAIN

Kamis, 29 Okt 2015

Iran, Negara Cash and Carry

Mendarat di Bandara Ayatollah Khomeini, Teheran, Iran, saya langsung disambut ...

Kamis, 10 Sept 2015

Mao Tai, Tradisi Ribuan Tahun Selesaikan Perundingan

KORANKABAR.COM (XI’AN) – Dalam lawatan ke Cina, memenuhi undangan ...

Kamis, 30 Jul 2015

Nasionalisme Rakyat Hadapi Embargo Ekonomi

  Sudah 18 bulan Rusia di embargo secara ekonomi oleh Eropa Barat ...