blog_img1

Madura United Bermain Baik, Arema Mau Salip Urusan Mereka

Kebuntuan Madura United akhirnya pecah pada menit ke-58 melalui serangan cepat yang dibangun oleh Engelberd Sani. Sani berlari kencang, cut inside lalu melepaskan tendangan keras yang dibendung oleh Dian Agus. Tapi di sana ada Pablo Rodriguez yang bebas dari kawalan dan membuat skor kembali sama kuat.


naskah dan foto : maduraunitedfc.com

 

MADURA UNITED berhasil meraih 1 poin, setelah Jumat (30/09/2016) sore tadi menahan imbang tuan rumah Pusamania Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda. Madura United kini meraih poin 41. Selisih 2 poin dengan Arema Cronus (39), yang Jumat hari ini juga (malam) menjamu Mitra Kukar di Stadion Gajayana, Kota Malang.

“Saya tidak mau tahu apa yang akan didapatkan Arema. Mau dia menyalip kami di posisi puncak itu adalah urusan mereka. Terpenting, pada pertandingan kali ini, tim kami mampu bermain dengan baik dan bisa mencuri poin dari kandang tim lawan. Akumulasi poin juga masih akan ditentukan di akhir bukan di pertengahan seperti sekarang,” cetus Gomes De Oliviera, pelatih Madura United.

“Tugas kami saat ini adalah berusaha mendapatkan poin. Kebetulan tugas tersebut bisa kami dapatkan meski tidak mendapatkan poin penuh. Soal tim lain bisa menyalip kami, kami tidak melihat itu. Karena masih akan terdapat banyak pertandingan lagi yang harus kami jalani,” sambung Fabiano Beltrame.

Laga ini diwarnai kartu merah bagi pemain Madura United yang didapat pada menit 73′. Namun, meski unggul jumlah pemain, Pesut Etam tetap tak bisa mengamankan tripoin di kandang sendiri.

Babak Pertama

Pusamania Borneo yang bertindak sebagai tuan rumah kerap mengandalkan kecepatan dari Terens Puhiri sebagai motor serangan. Namun upaya Borneo masih belum bisa membahayakan sektor pertahanan Madura United hingga sepuluh menit awal.

Kedua tim kesulitan untuk menciptakan peluang emas hingga menit ke-25. Madura United sempat mendapat kesempatan lewat tendangan bebas dari jarak ideal. Fabiano Beltrame yang jadi penendang melepaskan bola yang tipis meleset dari target.

Gol pun akhirnya tercipta pada menit ke-35 lewat tendangan bebas Flavio Beck Jr. Tendangan gelandang serang asal Brasil itu deras menuju pojok kanan atas gawang MU kawalan Joko Ribowo, gol indah membawa unggul Pesut Etam 1-0.

Borneo nyaris saja menjauh lima menit setelah gol pertama mereka. Umpan tendangan bebas Jefri Kurniawan mampu disambut Pedro Javier yang bisa lolos dari tekanan bek MU. Tapi kali ini, Joko berhasil mengamankan bola.

Waktu satu menit perpanjangan waktu diberikan wasit, kedua tim tak memperlihatkan progres yang cukup bagus hingga turun minum. Terbukti dengan minimnya peluang yang bisa diciptakan kedua tim.

Babak Kedua

Madura United coba bermain sabar meski dalam posisi tertinggal. Tapi para pemain Borneo tak terpancing untuk menekan Laskar Sape Kerrab yang rajin memainkan bola di daerah sendiri sebagai bagian dari serangan balik.

Bayu Gatra akhirnya dimainkan pelatih Gomes de Olivera pada menit 53′ menggantikan Elthon Maran, yang perannya tak begitu nampak di babak pertama. Sementara Borneo masih mencoba bermain stabil dengan posisi unggul.

Kebuntuan MU akhirnya pecah pada menit ke-58 melalui serangan cepat yang dibangun oleh Engelberd Sani. Sani berlari kencang, cut inside lalu melepaskan tendangan keras yang dibendung oleh Dian Agus. Tapi di sana ada Pablo Rodriguez yang bebas dari kawalan dan membuat skor kembali sama kuat.

Sani tampak jadi momok serius bagi pertahanan Borneo dan juga kiper Dian Agus, berulang kali penetrasinya dimaksimalkan dengan tendangan jarak jauh yang keras dan terarah. Tapi sayang, tekel tak perlu Sani pada menit 73′ kepada Ricky Ohorella membuatnya harus menerima kartu kuning kedua dan mandi lebih awal.

Unggul jumlah pemain, Borneo makin ngotot untuk mencetak gol. Lerby Eliandry yang main sebagai pemain pengganti mendapat beberapa peluang, tapi gagal berujung gol. Tekanan Borneo hingga laga berakhir tak menghasilkan gol dan kedua tim pun harus berbagi poin.

Susunan Pemain

PBFC: Dian Agus Prasetyo; Zulkifli Syukur, Leonard Tupamahu, Firly Apriansyah, Ricky Ohorella; Ponaryo Astaman, Jefri Kurniawan (83′ Hendra Ridwan), Flavio Beck Jr, Edilson Tavares (69′ Lerby Eliandry), Terens Puhiri; Pedro Javier.

Madura United: Joko Ribowo; Guntur Ariyadi (38′ Gilang Ginarsa), Fabiano Beltrame, Munhar, Rendi Siregar; Asep Berlian, Ahmad Maulana; Elthon Maran (53′ Bayu Gatra), Erick Weeks (71′ Slamet Nurcahyo), Engelberd Sani;  Pablo Rodriguez. ***