blog_img1

Tujuh Gol Terjadi di SGB, Madura United Dibekuk Sriwijaya FC 2-5

Selepas mencetak gol, Sriwijaya masih tetap kalah dominan dari Madura United. Tapi tim tuan rumah pun tak bisa menciptakan kans karena umpan panjang yang dilancarkan anak asuh Gomes Oliveira kerap sia-sia.  Selain itu, Yogi tampil sigap mementahkan bola lambung yang masuk ke daerahnya.


naskah dan foto : maduraunitedfc.com

 

 

SRIWIJAYA FC kembali meraih kemenangan dari Madura United pada Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 pekan ke-20, Rabu (14/9) petang, di Stadion Gelora Bangkalan (SGB).

Pada pertemuan pertama di Jakabaring, Sriwijaya mampu membekuk Madura United lima gol tanpa balas, dan kemenangan kembali dituai ketika tim arahan Widodo Putro bermain di markas Laskar Sapeh Kerrab.

Airlangga Sucipto jadi aktor protagonis di laga ini dengan gol-golnya yang memberikan Madura United sebagai pemuncak klasemen ISC sementara menelan kekalahan pertama di kandang.

Babak Pertama

Cuaca terik mewarnai laga di Stadion Gelora Bangkalan, tuan rumah Madura United sudah ngotot menekan tamunya Sriwijaya FC sejak menit pertama. Bayu Gatra melakukan penetrasi pada menit awal lewat sisi sayap, tapi umpan silangnya dihalau mudah oleh Mauricio Leal.

Menit ke-12 Yogi Triana mendapat ujian pertama pada laga ini. Umpan lambung Slamet Nurcahyo ke kotak penalti mampu disambut Pablo Rodriguez dengan sundulan kepala yang mengarah ke gawang, tapi akhirnya dikandaskan Yogi dengan baik dan bola kemudian disapu Fachruddin.

Bayu bermain kepanasan di laga ini, berulang kali winger  kelahiran Jember tersebut menjadi pengawal serangan dari  Sape Kerrab . Hanya saja, beberapa umpan silang dan tendangan spekulasi yang dilepaskan Bayu belum mampu mengubah keadaaan.

Sriwijaya yang kerap ditekan malah mampu mencuri gol terlebih dulu. Akselerasi maksimum ditunjukkan bek kanan Supardi yang menyisir sisi lapangan dan mengirim umpan untuk Airlangga Sucipto . Tanpa lama, tendangan keras mendatar dilepas Airlangga dan tak mampu dihalau Hery Prasetyo. Skor 1-0 di menit 25′.

Selepas mencetak gol, Sriwijaya masih tetap kalah dominan dari Madura United. Tapi tim tuan rumah pun tak bisa menciptakan kans karena umpan panjang yang dilancarkan anak asuh Gomes Oliveira kerap sia-sia.  Selain itu, Yogi tampil sigap mementahkan bola lambung yang masuk ke daerahnya.

Waktu tambahan empat menit diberikan, Madura United pun terus berusahan menyamakan kedudukan. Hanya saja, pola serangan monoton dari Slamet Nurcahyo dan kawan-kawan masih bisa diredam Sriwijaya hingga skor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Paruh kedua belum berjalan lima menit, Airlangga kembali jadi mimpi buruk untuk Madura United dengan membawa Sriwijaya menjauh. Mantan penyerang Semen Padang itu melepaskan bola lob setelah unggul lari dari Munhar dan Fabiano. Hery yang coba menyapu bola kalah cepat dan tak bisa berbuat banyak. 2-0.

Airlangga  benar-benar menjadi bintang pada laga ini, ia kembali mencetak gol untuk  Laskar Wong Kito ,yang juga gol ketiga bagi Airlangga sore ini. Umpan tendangan bebas Yu Hyun-koo disambut Airlangga dengan sundulan yang mantap, bola mengalir deras ke gawang dan sulit dijangkau Hery. Sriwijaya memimpin 3-0 pada menit 57′.

Madura United akhirnya bisa mencetak gol pada laga ini. Adalah Elthon Maran yang baru main selama dua menit — menggantikan Erick Weeks Lewis — yang mampu memecah kebuntuan. Memanfaatkan kemelut, Elthon dengan cermat meneruskan bola umpan tarik Bayu ke gawang tanpa kawalan. Menit ke-60, kedudukan jadi 3-1.

Tempo dan intensitas pertandingan semakin tinggi, Sriwijaya berusaha mencari gol tambahan demi mengamankan kemenangan. Serangan balik cepat anak-anak Sriwijaya melahirkan umpan ke kotak penalti yang disambut sundulan keras Hilton Moreira. Tapi kali ini Hery mampu menepis bola dengan mantap.

Menit ke-71 Sriwijaya kembali menjauh, kali ini Airlangga dilanggar di kotak penalti oleh Hery dan Albeto Goncalves yang jadi algojo titik putih mampu menyelesaikan tugasnya dengan sempurna untuk membawa tim unggul 4-1. Menit 79′, Yohanis Nabar yang mencetak sepasang gol pada pertemuan pertama kontra Madura masuk menggantikan Hilton.

Pada pengujung laga, Dane Milovanovic memperkecil kekalahan Madura United dengan sundulan keras menyambut umpan tendangan bebas. Gol tersebut langsung dibalas oleh Anis Nabar yang dengan gesit lepas dari kawalan pemain Madura United untuk membawa Sriwijaya unggul 5-2.

Laga pun akhirnya berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Sriwijaya.

Susunan Pemain

Madura United : Hery Prasetyo; Guntur Ariyadi, Fabiano Beltrame, Munhar, Rendi Siregar; Slamet Nurcahyo, Asep Berlian (64′ Guy Junior), Dane Milovanovic; Erick Weeks (58′ Elthon Maran), Pablo Rodriguez, Bayu Gatra (75′ Rossy Noprihanis).

Sriwijaya FC ; Yogi Triana; Wildansyah, Mauricio Leal, Fachruddin Wahyudi, Supardi; Yu Hyun-koo, Achmad Jufriyanto; TA Mushafry, Airlangga Sucipto (76′ Hafit Ibrahim), Albeto Goncalves; Hilton Moreira (79′ Yohanis Nabar). ***