blog_img1

Postingan Sholat Berjamaah yang Penuh Makna dan Hikmah

Potret yang diposting, secara kualitas, biasa saja. Bahkan cenderung kabur. Tetapi, makna dan hikmah di balik foto ini bisa jadi mengusik hati dan kehambaan para netizen sehingga direspon hingga ribuan.


sumber : maduraunitedfc.com

 

PAMEKASAN – Tahukah taretan, sejak Madura United FC membuka akun instagram : maduraunited.fc, ternyata postingan anggota Laskar Sape Kerrab yang lagi sholat ini — setidaknya sampai Rabu (01/06/2016) pagi — ternyata sudah disukai lebih dari 5.500. Sebuah respon — sementara — tertinggi selama ini di medsos Madura United. Sakalangkong…

Foto yang diposting tersebut adalah ketika Gilang Ginarsa (imam) sholat Maghrib berjamaah jelang tanding lawan Persib, Sabtu (28/05/2016) pukul 19.00 WIB, bersama Rendy Siregar, Achmad Maulana Putra, Rishadi Fauzi, Slamet Nurcahyo, Bayu Gatra, sementara Asep Berlian (4) sedang mencari tempat untuk turut menjadi makmum (luas ruangan terbatas). Sebuah sholat berjamaah yang memang bukan kali ini mereka jalankan. “Ini wajib,” ujar Gilang Ginarsa.

Potret yang diposting, secara kualitas, biasa saja. Bahkan cenderung kabur. Tetapi, makna dan hikmah di balik foto ini bisa jadi mengusik hati dan kehambaan para netizen sehingga direspon hingga ribuan. Ketaatan beragama masyarakat Madura khususnya, memang begitu kuat dan lekat. Makna kopiah dan sarung seperti dilukiskan Hardimen Koto dalam tulisannya (baca THE CORNER), memang terasa tatkala kita berada di tanah Madura. Dan Hardimen Koto menyatakan, kini Madura meniatkan hadir dalam dunia sepakbola profesional untuk lebih mengindahkannya, untuk lebih mencintai dan mempersatukan Madura.

Subhanallah…

La Haula Wala Quwwata Illa Billah.

Tak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah SWT.

Seorang penuntut ilmu tidak akan mungkin duduk di majelis ilmu, melainkan dengan pertolongan Allah. Seorang pemimpin tidak akan mungkin dapat menjalankan upaya maupun rencananya,  dan memudahkan serta mensejahterakan yang dipimpinnya, melainkan dengan pertolongan Allah. Segala urusan sungguh memerlukan campur tangan Allah. Begitupun seorang pesepakbola…

Namun, Gilang Ginarsa dkk juga sadar, kapan bermain tidaknya mereka selama 90 menit di lapangan tetaplah menjadi kewenangan Gomes de Oliveira. Pelatih yang memegang amanah Madura United FC.

Salam settong dhere…  ***