blog_img1

15,5 Juta Rumah Tangga Sangat Miskin Terima BLSM

Jakarta - Jumlah penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang tercantum dalam RAPBN Perubahan 2013 adalah 15,5 juta rumah tangga sangat miskin. Demikian yang disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI, Achsanul Qosasi.



Achsanul menuturkan, dalam rapat-rapat kerja komisi yang membidangi keuangan dengan pemerintah, pemerintah memaparkan bahwa jumlah penerima BLSM hanya 15,5 juta rumah tangga. Jumlah ini termasuk dalam 24 juta rumah tangga miskin hasil survei Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Data PPLS menyebutkan 24 juta keluarga miskin dan sangat miskin. Penerima BLSM dalam RAPBN-P 2013 15,5 juta keluarga sangat miskin. Jadi, datanya sama," ungkap politisi Fraksi Demokrat ini.

Achsanul menambahkan, pemerintah pun mau memberikan data tersebut berdasarkan nama saja tanpa alamat. Pasalnya, kalau berdasarkan nama dan alamat bisa terjadi gejolak sosial.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Wynandin Imawan menuturkan, berdasarkan data PPLS BPS jumlah total rumah tangga yang masuk kategori miskin, termiskin, dan sangat miskin ada 24 juta rumah tangga. Adapun, jumlah 15,5 juta rumah tangga dalam RAPBN-P 2013 penerima BLSM masuk dalam kategori termiskin. 

"Itu lain lagi dengan yang sangat miskin. Kategori sangat miskin itu jumlahnya sekitar tiga juta rumah tangga," kata Wynandin.

Wynandi pun mengungkapkan, pihaknya dan Badan Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (BNP2K) hanya menyediakan data. Keputusan untuk memberikan BLSM kepada rumah tangga yang mana itu ada pada pemerintah yakni Bappenas dan Kementerian Keuangan. 

Sebelumnya, terungkap bahwa ada diskrepansi atau ketidakcocokan data keluarga miskin yang akan jadi acuan penyaluran BLSM.

Direktur Indef Enny Sri Hartati mengungkapkan diskrepansi data jumlah rumah tangga miskin (RTM) antara RAPBN Perubahan 2013 dan data versi survei PPLS yang dilakukan BPS. Dalam usulan pemerintah, RTM penerima ditetapkan sebanyak 15,5 juta keluarga. Padahal, berdasarkan PPLS, terdapat 24 juta keluarga yang dikategorikan rakyat miskin. 

 

 

Sumber:http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/03/2/158627/155-Juta-Rumah-Tangga-Sangat-Miskin-Terima-BLSM