blog_img1

Anggota DPR RI Wakafkan Bangunan Masjid Senilai 500 Juta

Sumenep – Secara pribadi Achsanul Qosasi, anggota DPR RI Dapil XI Madura – Jawa Timur mewakafkan bangunan masjid Al Qoshos senilai 500 juta rupiah. Bangunan ini diserahkan secara simbolis kepada Kyai Sofyan mewakili Yayasan An-nuzur dan Yayasan At-thohiriah, Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep.

“Dengan membaca basmalah saya serahkan wakaf bangunan masjid ini kepada Kyai Sofyan. Semoga masjid ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan keislaman dan dakwah,” kata Achsanul Qosasi, Minggu (05/08) di Masjid Al Qhosos, Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep.

Menurut anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini, menghimbau kepada semua masyarakat di masjid Al Qhosos bisa merawat dan menjaga keindahan dan kenyamanan masjid. Setiap masyarakat di daerah Aeng Panas nantinya bisa memanfaatkan penggunaan masjid dengan baik dan amanah.

“Jika nanti ada kerusakan kecil silahkan perbaiki sendiri, namun kalau parah baru menemui saya. Nanti akan bantu memperbaiki,” terang Achsanul Qosasi, putra ulama besar Madura, KH. Bahuddin  Mudhary ini.

Sementara itu Tufaili, aktivis POJUR (Program Jaringan Usaha Rakyat) Kecamatan Pragaan mengatakan bahwa, sebelumnya masjid ini bernama masjid At-tafdil dan kondisinya rusak berat. Namun, kata pria yang menjadi jembatan kepada Achsanul Qosasi terkait pembangunan masjid ini mengatakan, masjid tersebut telah berganti nama Al Qoshos.

“Saat ini sudah berdiri kokoh dan dengan megah. Kami atas nama masyarakat Aeng Panas, Pragaan, Sumenep mengucapkan beribu-ribu banyak terima kasih kepada Bapak Achsanul Qosasi yang telah membantu pembangunan masjid. Semoga amal ibadah beliau dicatat di sisi Allah SWT,” ujar Tufaili terharu.

Sedangkan Kyai Sofyan pengurus Yayasan yang merawat Masjid Al Qhosos mengucapkan, beribu banyak terima kasih kepada Bapak Achsanul Qosasi. Menurutnya, jarang ada politisi atau tokoh sekelas beliau mau membangun masjid di tengah desa dan di daerah hutan dan perkebunan.

“Pembangunan ini sudah berlangsung satu tahun dan alhamdulillah sudah bisa dipakai pada lebaran Idul Fitri besok 1433 H. Sebelumnya lebaran yang lalu belum bisa digunakan. Sekali lagi kami haturkan terima kasih kepada Bapak Achsanul, semoga dia digandakan amal ibadahnya. Amien,” terang Kyai Sofyan sambil meneteskan airmata.

Saat sebelum serah terima, Achsanul Qosasi sempat melakukan tadarus Al-Quran dan dirinya mengaji dengan membaca surat Yasin dan Surat Ar Rahman. Usai tadarus dilakukan acara serah terima, setelah itu dilanjutkan buka puasa bersama dan sholat mangrib berjamaah. (rud)

Teks Foto: Achsanul Qosasi, anggota DPR RI Dapil XI bertadarus dengan membaca surat Yasin dan Ar Rahman saat buka puasa bersama di Masjid Al Qoshos (Foto: Syafrudin Budiman)