blog_img1

Hobi Unik DPR, Koleksi Mobil Mini hingga Cincin Batu Mulia

Jakarta - Disela-sela kesibukannya, anggota DPR juga menyempatkan diri untuk menyalurkan hobinya. Biasanya berbagai macam hobi itu mempunyai  kegunaan, mulai dari mengisi waktu luang hingga melepas stres.  

Hobi ini ditekuni anggota Komisi XI DPR yang juga Wakil Sekretaris FPD DPR, Achsanul Qosasi. Mantan wakil ketua Komisi XI DPR ini telah mengoleksi lebih dari 82 mobil VW mini antik."Ada 82 mobil VW mini, diperoleh dari berbagai tempat baik dalam maupun Luar Negeri," kata Achsanul saat berbincang dengan detikcom, Jumat (29/6).

Memang yang dikoleksi tidak sembarangan mobil VW mini. Beberapa diantaranya adalah tiruan mobil VW antik yang dibuat sudah sangat lama. Tak pelak, harganya pun cukup mahal."Termahal harga 416 Euro (setara Rp 5 juta) dapat di Jerman, jenis VW Cabriolet type 1200. Ada juga yang type 1302, 1303 buatan tahun 1968 dan tahun 1974," katanya.

Sebagai penggemar benda antik, tentu harus benar-benar menjadi pemburu benda seni tersebut. Sembari kunker, jalan-jalan pribadi atau sengaja berburu ke luar negeri."Yang paling menarik adalah cara mendapatkannya, karena tidak mudah, dan tidak setiap toko souvenir menjual mainan jenis VW," ungkapnya sembari menunjukkan koleksi VW mininya.

Dia mengaku sudah menggemari VW sejak muda. Semasa kuliah dia sudah menggunakan mobil VW buatan tahun 1974,"Saya adalah penggemar VW, sejak kuliah saya pake VW Kodok type 1303 tahun 74, dengan Nopol B 1303 FM, saya dapat dari staf Kedubes Jerman yang mau pindah kembali ke Jerman. VW tersebut unik karena pake sunroof. Dulu masih zaman mobil ceper, sehingga VW tersebut saya ceperin dengan memotong per di setiap roda. Terus dibawa jalan-jalan di Lintas Melawai (LM) 'ngeceng', daerah favorit bagi anak muda jaman itu (tahun 1987). Sekarang sudah tak ada lagi, dulu dijual buat modal kawin...," kisahnya.

Sedangkan, Ketua FPKB DPR, Marwan Jafar mempunyai hobi yang berbeda. Dia adalah salah satu dari banyak anggota DPR yang selalu menggunakan mengenakan cincin bermata batu mulia saat beraktivitas di Senayan."Sebenarnya awalnya saya tidak suka, tapi kemudian karena teman-teman di DPP PKB termasuk Ketum juga punya banyak kemudian menjadi hobi. Saya biasa pakai yang meching sama baju yang dikenakan. Seperti sekarang baju saya ungu ya saya pakai kecubung,"kata Marwan, Jumat (29/6).

Batu mulia yang dikoleksi Marwan sangat banyak. Jumlahnya lebih dari 50 cincin yang semuanya berbeda tipe. Emban cincinnya pun dibuat khusus menggunakan emas putih."Saya punya banyak, ada 50 lebih koleksi di rumah saya. Ada kecubung, ruby, phyrus, zircon, sampai merah delima. Saya juga ada yang satu emban bermata dua. Saya sedang membuat emban untuk empat batu mulia yang baru saya dapat," kata Marwan.

Dia mengaku kerap diberi batu mulia oleh teman-temannya juga konstituen di seluruh Indonesia. Dia juga menyempatkan membeli batu mulia saat berkunjung ke luar negeri. Karena itulah koleksinya sangat banyak."Saya jarang beli, semua mereknya kasio, dikasih orang. Yang ngasih banyak dari kiai, pengurus daerah, relasi, ada juga konstituen. Beberapa saya beli di Arab, Iran atau India. Beberapa juga saya beli di Kalsel," ungkapnya.

Beberapa batu mulia koleksinya cukup beraroma mistis. Namun dia mengaku tak tahu banyak soal itu.
"Kalau orangnya bisa, ada yang meditasi datang sendiri. Ada yang kalau diganti embannya kembali ke yang ngasih. Kalau kiai ngasih ada yang boleh embannya emas kuning, ada yang nggak boleh diganti embannya," kisahnya.

Marwan menuturkan, sebenarnya tak hanya dirinya yang mengoleksi batu mulia. Banyak anggota DPR lain yang tertarik dengan hobi tersebut."Banyak teman-teman DPR. Ada koleksi batu mulia, keris. Kalau Mas Tjahjo (Ketua FPDIP DPR Tjahjo Kumolo) itu bisa tahu batu yang ada isinya (kodham)," pungkasnya sembari tertawa. (dtc)

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/