blog_img1

POJUR Adakan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis

Sumenep – Lembaga swadaya masyarakat POJUR (Program Jaringan Usaha Rakyat) bekerjasama dengan Lion Club akan mengadakan acara bakti social dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum. Acara ini digelar dalam rangka membangun kepedulian antar sesama terutama masyarakat bawah.

 

Hal ini disampaikan Nasiruddin Abbas, Direktur Eksekutif POJUR, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (16/07). Menurutnya, acara sosial kemasyarakatan ini dilaksanakan, Sabtu (17/07) di Rumah Aspirasi POJUR, Jl. Dipenogoro 104 Karangduak Sumenep.

 

“Saat ini nilai-nilai sosial, gotong royong dan saling asa-asu mulai luntur dan sikap individualisme mulai nampak. Oleh karena itu POJUR terus akan tampil di depan dalam membantu antar sesama dan mentauladani kegiatan sosial,” ujar pria yang biasa dipanggil Nasir ini.

 

Mantan aktivis PB HMI ini mengatakan, acara ini akan dipusatkan di Rumah Aspirasi POJUR dengan dibuka oleh Bapak Achsanul Qosasi, anggota DPR RI Dapil XI Madura. Achsanul yang juga pembina POJUR ini akan memberikan sambutan dan arahan tentang kegiatan tersebut.

 

“Selain acara diadakan di POJUR kami juga menggelar kegiatan sosial lainnya yang ditempatkan di Ponpes Al-Azhar, Pamolokan Sumenep dan Aula RRI, Pabian, Sumenep,” terang Nasir.

 

Sementara Agus Suryawan, Ketua Panitia Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis ini menerangkan bahwa acara akan dimulai jam 08.00 WIB sampai 13.00 WIB. Dimana untuk lokasi di Rumah Aspirasi POJUR diadakan Khitanan Massal 100 orang, Penyuluhan Kanker Serviks 200 peserta, Pemberian alat bantu dengar sejumlah 10 dan pembagian alat-alat tulis kepada 3000 siswa secara simbolik.

 

Selanjutnya kata Agus, untuk acara di Ponpes Al-Azhar diadakan Pengobatan Gratis 600 orang, Pembagian Kacamata Baca 400 orang, Screening Mata 400 orang, Akupuntur 100 orang, Pelatihan Pijat Refleksi 50 orang dan Penyuluhan kesehatan untuk Lansia 100 orang.

 

Selain itu untuk acara di Aula RRI Sumenep adalah Penyuluhan Kesehatan Perkembangan Jiwa anak  untuk guru PAUD TK/SD 250 orang dan Penyuluhan Penanganan Pasien Bibir Sumbing untuk perawat 250 orang.

 

“Semua kegiatan ini sudah kita agendakan jauh-jauh hari, Insya Allah sudah siap dilaksanakan,” kata Agus Suryawan yang juga Direktur Administrasi POJUR.

 

Menurut Agus, untuk pelayanan kesehatan  nantinya akan dibantu oleh tenaga tehnis kesehatan profesional dari Lion Club. Sehingga dipastikan semua pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan akan berjalan maksimal. (rud)