blog_img1

Siang Ini, BPK Akan Temui Pimpinan DPR

Reporter: 
Editor: 

Rr. Ariyani Yakti Widyastuti

TEMPO.COJakarta - Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK akan menemui pimpinan DPR siang ini, Selasa, 30 Juni 2020. Informasi pertemuan yang tertera dalam agenda publik Parlemen itu akan dilangsungkan pada pukul 11.00 WIB di Gedung Nusantara IV, Senayan.

Anggota BPK, Achsanul Qosasi, membenarkan persamuhan lembaganya dengan pimpinan legislatif. "Benar. Pertemuan bersifat terbuka atau tertutup tergantung tuan rumah (DPR)," tuturnya kepada Tempo melalui pesan pendek.

Achsanul menyebut agenda itu hanya akan membahas masalah Covid-19. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut apakah pertemuan BPK dan DPR juga akan membahas isu terkait rangkap jabatan yang sebelumnya menjadi temuan Ombudsman RI.

Anggota Ombudsman RI, Ahmad Alamsyah Saragih, sebelumnya menyatakan ada personel Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia, Kejaksaan Agung, hingga BPK yang menjadi komisaris di perusahaan pelat merah. "Apakah kita masih mau argumen bahwa kita negara yang bisa menjaga etika, bahkan lembaga penegak hukum dan pengawas pun jadi komisaris," ujar Alamsyah dalam konferensi video, 28 Juni 2020.  

 

Alamsyah mengaku tidak mengerti urgensi dari penunjukan personel lembaga pengawas dan penegak hukum tersebut di jajaran komisaris perseroan. Ia yakin ada alasan di balik penunjukkan tersebut. Untuk itu, ia mengatakan bakal menanyakan langsung kepada Kementerian BUMN terkait kondisi tersebut.

Berdasarkan data instansi non-kementerian asal para komisaris yang terindikasi rangkap jabatan pada 2019, Ombudsman mencatat 27 orang berasal dari TNI, 13 orang dari Polri, 12 orang dari Kejaksaan. Kemudian, 11 orang dari Pemerintah Daerah dan 10 orang dari Badan Intelijen Negara. 

Selanjutnya, 10 orang dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, 6 orang dari Kantor Presiden atau Kantor Wakil Presiden, dan Kantor Staf Presiden, 4 orang dari BPK, serta 19 dari instansi lainnya.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna melalui Tim Humas dan Kerja Sama Internasional BPK telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait kabar dobel jabatan tersebut. Melalui lembar pernyataannya, Agung menyatakan tidak ada satu pun pejabat atau pegawai aktif di BPK yang menjadi komisaris di BUMN atau BUMD.

“BPK perlu menjelaskan terdapat pegawai berstatus pensiunan BPK dan pegawai berstatus dipekerjakan di Kementerian yang menjabat Komisaris BUMN saat ini,” tuturnya.

BPK pun, ujar dia, telah memiliki aturan terkait kode etik tentang rangkap jabatan yang termaktub dalam Peraturan BPK Nomor 4 Tahun 2018. Meski demikian, lembaga audit meminta masyarakat untuk melaporkan kepada Majelis Kehormatan dan Kode Etik (MKKE) BPK seandainya terdapat pegawai yang memang melanggar prinsip tersebut.

Laporan ini bisa disampaikan melalui situs resmi BPK www.bpk.go.id. Masyarakat juga dapat menyerahkan kepada sekretariat MKKE melalui surat elektronik ke alamat itama.pi@bpk.go.id.

CAESAR AKBAR

Sumber : https://bisnis.tempo.co/read/1359489/siang-ini-bpk-akan-temui-pimpinan-dpr/full&view=ok