Hukum & Perundangan

Sabtu, 24 Okt 2015

Empat dari 20 Rekomendasi BPK Bahas Crane

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan 20 temuan selama melakukan pemeriksaan sejak tahun 2013 sampai dengan 2015 di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II. Delapan di antaranya, harus mendapat perhatian khusus.

 "Sedangkan empat temuan lainnya, adalah temuan signifikan dari Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) terkait crane," kata Rieke Diah Pitaloka, Ketua Pansus Angket Pelindo II, (23/10).

Rieke mengungkapkan, hal tersebut berdasarkan hasil rapat Pansus Angket Pelindo II dengan BPK RI, hari Kamis kemarin (22/10), yang berlangsung sejak siang hingga sore.

"Temuan hasil pemeriksaan yang paling dominan, adalah di perencanaan yang kurang baik. BPK telah membentuk tim penghitungan kerugian negara, sejalan dengan permintaan Bareskrim," katanya.

Adapun keempat temuan signifikan dari hasil PDTT BPK RI tersebut, pertama; pengadaan 2 unit QCC untuk pelabuhan di Palembang dan Pontianak sebesar US$ 10,120 juta.

Kedua, pengadaan 14 unit country lifting cranesebesar US$ 27 juta dan 1,5 milyar, yang kemudian diubah melalui adendum perjanjian menjadi sebesar US$ 29 juta dan Rp 1,6 milyar.

"Ketiga, pengadaan 3 unit QCC twinlift dengan anggaran sebesar US$ 777.777 dan keempat, pengadaan 10 unit mobile crane tidak sesuai dengan ketentuan," kata Rieke. 

Menurut Rieke, BPK telah menerima permintaan PDTT dari Pelindo II, sedangkan Kabareskrim hanya meminta BPK untuk melakukan perhitungan kerugian negara terkait 10 mobile crane, bukan terkait Pelindo II.

Dalam PDTT ditemukan adanya indikasi ketidakpatuhan terhadap peraturan yang berlaku oleh PT pelindo II. Ketidakpatuhan tersebut terjadi pada peraturan yang berlaku secara umum, yakni undang-undang, perpres, dan lainnya, serta peraturan yang berlaku secara internal PT Pelindo II. (gtr/tb)

   ARSIP
Tahun :
Bulan :
   ARTIKEL LAIN

Sabtu, 24 Okt 2015

Empat dari 20 Rekomendasi BPK Bahas Crane

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan 20 temuan selama melakukan pemeriksaan ...

Sabtu, 24 Okt 2015

Pansus Pelindo II Rekomendasikan BPK Audit Kerugian Negara 10 Crane

Pasca pertemuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kamis (22/10), Pansus ...

Rabu, 21 Okt 2015

10 Temuan BPK Akan Didalami Panitia Angket

Panitia Angket Pelindo II akan mendalami 10 poin temuan Badan Pemeriksa Keuangan ...