blog_img1

BPK Temukan Kecurangan BUMN Senilai Rp8,6 Triliun, Ini Rinciannya

Achsanul : "Kita memeriksa 37 objek pemeriksaan BUMN dan badan lainnya. Ada memang beberapa BUMN yang diindikasikan terdapat fraud (kecurangan) pada pengelolaan keuangannya,"

Rimanews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan masalah pengelolaan keuangan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan badan lainnya senilai Rp8,6 triliun, dengan temuan berdampak finansial yakni kerugian Rp88,9 miliar dan potensi kerugian Rp692,2 miliar.
 
Hal tersebut disampaikan Anggota VII BPK Bidang BUMN dan Migas, Achsanul Qosasi setelah penyampaian ikhtisar hasil pemeriksaan semester II 2014 di Gedung DPR, Jakarta, seperti dikutip dari Antara Selasa (7/04/2015).
 
"Kita memeriksa 37 objek pemeriksaan BUMN dan badan lainnya. Ada memang beberapa BUMN yang diindikasikan terdapat fraud (kecurangan) pada pengelolaan keuangannya," kata Achsanul.
 
Ia mengatakan hasil pemeriksaan keuangan sejumlah entitas BUMN dan badan lainnya yang terindikasi melakukan "fraud" telah diserahkan kepada aparat penegak hukum.
 
"Ada beberapa diantaranya telah disampaikan kepada APH (aparat penegak hukum), itu kewajiban kami. Ini juga harus menjadi 'concern' Kementerian BUMN," kata dia.
 
Dia menjelaskan secara keseluruhan terdapat 493 temuan yang di dalamnya terdapat 702 permasalahan senilai Rp8,66 triliun dari 37 objek pemeriksaan BUMN dan badan lainnya. Badan lainnya itu, kata Achsanul, di antaranya mencakup pemeriksaan terhadap badan pengelola dana yang di bawah sejumlah Kementerian.
 
Achsanul merinci masalah keuangan BUMN dan badan lainnya senilai Rp8,66 triliun itu terdiri dari kerugian sebesar Rp88,9 miliar, potensi kerugian RP692 miliar, kekurangan penerimaan Rp6,7 triliun, pemborosan yang melingkupi ketidakekonomisan Rp447 miliar, tidak efisien Rp49 miliar, dan tidak efektif Rp587 miiar.
 
Adapun nilai temuan yang sudah ditindakanjuti oleh BUMN dan badan lainnya dengan penyerahan aset, penyetoran ke kas negara dan perusahaan senilai Rp325,8 miliar.
 

Sumber:http://ekonomi.rimanews.com/keuangan/read/20150407/205958/BPK-Temukan-Kecurangan-BUMN-Senilai-Rp8-6-Triliun-Ini-Rinciannya (Adi)